11. Duduk at-tahiyyat awwal dan Membaca tasyahhud

Duduk at-tahiyyat awwal dan dalil isyarah dengan telunjuk

عَنْ اَبِى حُمَيْدٍ اَنَّهُ قَالَ … فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ اْليُسْرَى وَ نَصَبَ اْليُمْنَى، فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَةِ اْلأَخِيْرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَ نَصَبَ اْلاُخْرَى وَ قَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ. البخارى، فى نيل الاوطار 2: 306

Dari Abu Humaid ia berkata, “….. Maka apabila beliau SAW duduk pada dua rekaat, (at-tahiyyat awwal), beliau duduk pada kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya. Dan apabila duduk pada rekaat yang akhir (duduk at-tahiyyat akhir) beliau menjulurkan kakinya yang kiri dan menegakkan yang lain (kakinya yang kanan) dan beliau duduk pada tempat duduk beliau”. [HR. Bukhari, Nailul Authar II : 306]

 

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: … وَ كَانَ يَقُوْلُ فِى كُلّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ. وَ كَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ اْليُسْرَى وَيَنْصِبُ رِجْلَهُ اْليُمْنَى. مسلم 1: 357

Dari ‘Aisyah, ia berkata, “….. Dan adalah beliau SAW membaca at-tahiyyat pada setiap dua rekaat. Dan beliau duduk pada kakinya yang kiri dan menegakkan kakinya yang kanan”. [HR. Muslim juz 1, hal. 357].

عَنِ بْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ، وَ رَفَعَ اُصْبُعَهُ الْيُمْنَى الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ فَدَعَا بِهَا، وَ يَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى رُكْبَتِهِ بَاسِطُهَا عَلَيْهَا وَ فِى لَفْظٍ كَانَ اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى وَ قَبَضَ اَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَ اَشَارَ بِاُصْبُعِهِ الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ وَ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى. احمد و مسلم و النسائى فى نيل الاوطار 2: 316

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila duduk dalam shalat (duduk at-tahiyyat) beliau meletakkan dua tangannya pada dua lututnya dan mengangkat jarinya yang kanan yaitu jari yang disebelahnya ibu jari (jari telunjuk), lalu beliau berdo’a dengannya. Sedangkan tangannya yang kiri pada lututnya yang kiri dengan menghamparkan padanya”. Dan dalam suatu lafadh, “Adalah beliau SAW apabila duduk di dalam shalat (duduk at-tahiyyat), meletakkan tapak tangannya yang kanan pada pahanya yang kanan dan menggenggam jari-jarinya semuanya, dan beliau berisyarat dengan jarinya, yaitu jari yang sebelahnya ibu jari (jari telunjuk). Dan beliau meletakkan tapak tangannya yang kiri pada pahanya yang kiri”. [HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, Nailul Authar II : 316]

 

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّهُ قَالَ فِى صِفَةِ صَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ ص: ثُمَّ قَعَدَ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى، وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ وَ رُكْبَتِهِ الْيُسْرَى، وَ جَعَلَ حَدَّ مِرْفَقِهِ اْلاَيْمَنِ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى، ثُمَّ قَبَضَ ثِنْتَيْنِ مِنْ اَصَابِعِهِ وَحَلَّقَ حَلْقَةً، ثُمَّ رَفَعَ اُصْبُعَهُ فَرَاَيْتُهُ يُحَرّكهُاَ يَدْعُوْبِهَا. احمد و النسائى و ابو داود، فى نيل الاوطار 2: 315

Dari Waail bin Hujr, bahwasanya ia berkata dalam menerangkan shalatnya Rasulullah SAW, “Kemudian beliau SAW duduk dengan duduk pada kakinya yang kiri, dan meletakkan tapak tangannya yang kiri pada pahanya dan lututnya yang kiri dan menjadikan ujung sikunya yang kanan pada pahanya yang kanan. Kemudian menggeng-gam dua jarinya (jari manis dan jari kelingking) dan membentuk lingkaran (dengan menghubungkan jari tengah dengan ibu jari) kemudian beliau mengangkat (berisyarat) dengan jarinya (jari telunjuk), maka saya melihat beliau menggerak-gerakkannya dan berdo’a dengannya”. [HR. Ahad, Nasai dan Abu Dawud. Nailul Authar II : 315]

 

Keterangan :

Dalam sanad hadits Wail ini ada seorang rawi yang dicela, yaitu ‘Ashim bin Kulaib, namun celanya tersebut tidak sampai menjadikan hadits tersebut dlaif.

Dengan adanya riwayat yang berbeda tersebut, yang satu menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menggerak-gerakkan jari telunjuknya ketika tasyahud, dan yang lain tidak menyebutkan “menggerak-gerakkan telunjuknya”, di sini bisa dipahami bahwa terkadang beliau menggerak-gerakkan telunjuknya, dan kadang-kadang tidak.

 

Membaca tasyahhud

 

Di dalam duduk at-tahiyyat, kita membaca tasyahhud.

 

وَ الطَّيّبَاتُ

dan segala kebaikan

وَ الصَّلَوَاتُ

dan segala peribadatan

للهِ

bagi Allah

اَلتَّحِيَّاتُ

segala penghormatan

وَ رَحْمَةُ

dan rahmat

اَيُّهَا النَّبِيُّ

wahai Nabi

عَلَيْكَ

atas engkau

اَلسَّلاَمُ

keselamatan

عَلَيْنَا

atas kami

اَلسَّلاَمُ

keselamatan

وَ بَرَكَاتُهُ

dan barakah-Nya

اللهِ

Allah

الصَّالِحِيْنَ

yang shalih-shalih

اللهِ

Allah

عِبَادِ

hamba-hamba

وَ عَلى

dan atas

اِلاَّ

kecuali

اِلهَ

Tuhan

اَنْ لاَ

bahwa tidak ada

اَشْهَدُ

aku bersaksi

مُحَمَّدًا

nabi Muhammad

اَنَّ

sesungguhnya

وَ اَشْهَدُ

dan aku bersaksi

اللهُ

Allah

وَ رَسُوْلُهُ

dan utusan-Nya

عَبْدُهُ

hamba-Nya

عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ: عَلَّمَنِى رَسُوْلُ اللهِ ص اَلتَّشَهُّدَ كَفّى بَيْنَ كَفَّيْهِ كَمَا يُعَلّمُنِى السُّوْرَةَ مِنَ الْقُرْآنِ: اَلتَّحِيَّاتُ للهِ وَ الصَّلَوَاتُ وَ الطَّيّبَاتُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَاالنَّبِىُّ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ، اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ.الجماعة، نيل الاوطار2: 310

Dari Ibnu Mas’ud, ia berkata, “Rasulullah SAW mengajarkan tasyahhud kepada saya dengan kedua tangan beliau memegang tapak tanganku sebagaimana beliau mengajarkan surat Al-Qur’an kepadaku, beliau membaca Attahiyyaatu lillaah washsholawaatu wath-thoyyibaat. Assalaamu ‘alaika ayyuhan-nabiyyu warohmatulloohi wa barokaatuh assalamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish-shoolihin. Asyhadu allaa ilaaha illallooh wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuuluh (Segala kehormatan itu kepunyaan Allah, begitu pula segala ibadah dan segala yang baik-baik. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi, begitu pula rahmat Allah dan berkah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba Allah yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan (yang sebenarnya) melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad itu hamba-Nya dan utusan-Nya)”. [HR. Jama’ah, Nailul Authar II : 310]

 

الطَّيّبَاتُ

segala kebaikan

الصَّلَوَاتُ

segala peribadatan

اْلمُبَارَكَاتُ

segala barakah

اَلتَّحِيَّاتُ

segala penghormatan

اَيُّهَا النَّبِيُّ

wahai Nabi

عَلَيْكَ

atas engkau

اَلسَّلاَمُ

keselamatan

للهِ

bagi Allah

اَلسَّلاَمُ

keselamatan

وَ بَرَكَاتُهُ

dan barakah-Nya

اللهِ

Allah

وَ رَحْمَةُ

dan rahmat

اللهِ

Allah

عِبَادِ

hamba-hamba

وَ عَلَى

dan atas

عَلَيْنَا

atas kami

 

 

اِلهَ

Tuhan

اَنْ لاَ

bahwa tidak ada

اَشْهَدُ

aku bersaksi

الصَّالِحِيْنَ

yang shalih-shalih

اَنَّ

sesungguhnya

وَ اَشْهَدُ

dan aku bersaksi

اللهُ

Allah

اِلاَّ

kecuali

اللهِ

Allah

رَسُوْلُ

utusan

مُحَمَّدًا

nabi Muhammad

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُعَلّمُنَا التَّشَهُّدَ كَمَا يُعَلّمُنَا السُوْرَةَ مِنَ اْلقُرْآنِ، فَكَانَ يَقُوْلُ: اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيّبَاتُ للهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِىُّ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَ عَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ، اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ. مسلم و ابو داود فى نيل الاوطار 2: 313

Dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW mengajarkan tasyahhud kepada kami sebagaimana beliau mengajarkan surat Al-Qur’an kepada kami. Dan adalah beliau membaca Attahiyyaatul mubaarokaa-tush-sholawaatuth-thoyyibaatu lillaah As-salaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu wa rohmatulloohi wa barokaatuh. As-salaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish-shoolihin Asyhadu allaa ilaaha illallooh wa asyhadu anna muhammadar rasuulullooh (Segala kehormatan, segala berkah, segala ‘ibadah dan segala yang baik-baik itu kepunyaan Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada-mu wahai Nabi, dan begitu pula rahmat Allah dan berkah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih-shalih. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan (yang sebenarnya) melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad itu utusan Allah)”. [HR. Muslim dan Abu Dawud, Nailul Authar II : 313]

Di samping itu masih ada lagi lafadh-lafadh bacaan tasyahhud yang lain yang tidak disebutkan disini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s